Sabtu, 01 Maret 2014

Pucak Mangu, Gn. Catur

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Puncak Gunung Catur

Niat hati untuk mengingat kembali Gn. Catur yang pernah ditapaki 9th silam, akhirnya saya dan 2 orang kawan menuju kesana pada tanggal 23 Februari 2014.

Info Geografis Gunung Catur :
Gunung Catur adalah puncak kaldera tertinggi dari Gunung purba yang ada di jalur tengah Pulau Bali. Terletak di koordinat S8 15.325 E115 11.414, Gunung Catur dapat dilalui melalui 2 jalur yaitu Jalur Bedugul (trekking melalui hutan hujan tropis lebat & jalan setapak) dan Jalur Plaga (trekking melalui hutan hujan tropis & jalan beton).

Jalur kami gunakan adalah jalur plaga, karena hanya ini yang saya pernah lewati. Berangkat dari Denpasar pukul 8.00 WITA dengan menggunakan motor kami tiba di parkiran pendakian pukul 10.00 WITA. Untuk menuju titik awal pendakian sangat mudah. Dari Denpasar menuju daerah Petang, kemudian dilanjutkan menuju daerah Plaga. Disini akan ada pertigaan ke arah barat yang bertuliskan menuju ke arah Pucak Mangu. Dari sini kita tinggal mengikuti jalan dan sedikit bertanya kepada penduduk sekitar menuju titik start pendakian.
Parkiran

Dari parkiran kita tinggal mengikuti jalan beton setapak. 9 tahun yang lalu jalan beton ini hanya sampai di pertengahan jalur, tapi saat ini jalan beton sudah dibangun sampai puncak.
Di sepanjang jalur terdapat petunjuk jalan, papan peringatan untuk tidak membuang sampah sembarang dan tempat sampah yang terbuat dari kawat besi.

sudah ada tempat sampah tetapi gunung ini masih kotor

pohon kembar

deviasi altitude 100mdpl

tangga terus

Setelah 2 jam berjalan dengan santai, akhirnya kami sampai di puncak pukul 12.20 WITA. Kabut tebal selang seling datang menyelimuti puncak. Sampah plastik dan sampah sisa upacara pun banyak berserakan disini. Monyet-monyet liar yang mencari makan di sisa-sisa sampah, membuat miris jika memikirkan masa depan gunung ini. Berdasarkan GPS, ketinggian Pucak mangu ini adalah 2023mdpl sedangkan menurut data wikipedia ketinggiannya 2096mdpl.
bersama Agus wawewo

bersama Eko "Turu" Hariyanto

tampak desa pancasari dari puncak

sisi selatan puncak

menunggu hujan reda

monyet pucak mangu

pucak mangu
Cukup lama berada di puncak, kami memutuskan turun sambil memunguti sampah plastik yang ada di sepanjang jalur pulang. Lumayan 2 keresek besar & 1 keresek kecil terisi sampah plastik.
Berhati-hatilah saat melewati jalur ini saat hujan lebat, karena kami hampir tertimpa dahan pohon yang tiba-tiba patah di atas kepala.