Selasa, 06 Januari 2015

Mengecek Kembali Arah Kiblat

"sudah seharusnya kita selalu belajar di setiap momen yang ada..."

Sudah Benarkah Arah Kiblat Kita?

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم  

Tulisan ini semata-mata untuk uji coba, bukan untuk menjustifikasi benar atau salahnya arah kiblat suatu masjid

Karangasem, 6 Januari 2015. Setelah berkeliling memantau keadaan proyek di Seraya, saya mengunjungi sebuah masjid di daerah Kota Karangasem. Masjid Jami' An-Nur namanya.
Masjid Jami' An-Nur depan Hardys Kota Karangasem
Usai melaksanakan sholat, saya sedikit iseng untuk mencari tahu posisi arah kiblat masjid ini.
Pengukuran arah kiblat menggunakan sensor kompas Casio Protrek PRW 3000
Sesampai di rumah saya mencoba mencari tahu arah kiblat yang benar. Sebelumnya saya masukkan koordinat masjid tsb.Dengan Koordinatnya : -8.447500° LS & 115.614305° BT.
Agar hasil lebih imbang saya memakai 3 sumber referensi.
1. Saya menggunakan info dari http://www.al-habib.info/arah-kiblat/ untuk menentukan arah kiblat. Dan hasilnya adalah sebagai berikut :

2. Saya menggunakan info dari http://eqibla.com/ dengan metode yang sama. Dan hasilnya sebagai berikut :
3. Saya menggunakan info dari Google Earth dengan metode yang sama. Dan hasilnya sebagai berikut :



Kemudian, saya mencari arah utara sejati dengan menggunakan info dari http://www.magnetic-declination.com/  dan hasilnya seperti ini :


Berdasarkan data diatas, utara magnetik mengalami simpangan 1º ke arah timur. Sehingga, arah utara peta adalah ±285º.

Kesimpulan sementara :
1. Arah kiblat masjid tersebut kurang 8º ke arah utara peta
2. Sensor kompas kurang akurat
3. Human error (pengukuran tidak akurat, dll)

Mungkin lain kali saya akan mencoba menggunakan kompas tembak sebagai komparator dan membandingkan arah kiblat masjid lainnya.

Arah kiblat Musholla Al-Muttaqin PLN Distribusi Bali, Renon, Denpasar
Arah kiblat Masjid Sadar, Sesetan, Denpasar
Masjid Agung Al-Falah Klungkung






































  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar